Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep

Jl. H Fadeli Luran, Biraeng, Minasatene-Pangkep

Bersatu dalam Aqidah,Toleransi Masalah Furuiyah dan Khilafiyah

Pembelajaran/Ujian Daring, Panggilan Masuk Kampus dan Penyesuaian 'New Normal'

Jum'at, 29 Mei 2020 - Oleh Immim Pangkep - Dibaca 1107 Kali

 

IMMIMPANGKEP - Bismillahi wallahu Akbar. Assalamu 'Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Disampaikan kepada segenap Keluarga Besar Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep, baik guru/pembina, pengasuh, serta terkhusus kepada orangtua santriwati/calon orangtua santriwati baru dan anakda santriwati bahwa:

(1) Pengurus Yayasan dan unsur Pimpinan Pesantren telah mengadakan rapat online via Zoom Cloud Meeting, pada Hari Jumat, 29 Mei 2020 dengan dihadiri oleh:

  • Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam.
  • Sekretaris YASDIC IMMIM Pangkep, Drs HM Rasyid Usman
  • Direktur Pendidikan, Dr. Hj Amrah Kasim, MA.
  • Wakil Direktur, Ustadz Nadjamuddin Beta, Lc.
  • Pimpinan Kampus/Kepala Kepesantrenan, Dra Nurhudayah.
  • Kepala SMA, Dra Hj Hasmah
  • Kepala SMP, Drs H Muhammad Nur, dan
  • Humas/Penanggung Jawab TIK Pesantren, Muhammad Farid Wajdi, S.H.i

 

  • Agenda Meeting: Pembelajaran Daring/Ujian Semester Online, Jadwal Masuk Kampus bagi Santriwati Lama dan Baru, serta Protokol 'New Normal' di Kampus/Pondok Pesantren.

(2) Terhitung mulai Tanggal 1 JUNI  - 14 JULI ditetapkan untuk melanjutkan pembelajaran daring, sekaligus Ujian Online Semester, baik untuk Mata Pelajaran Umum maupun untuk Mata Pelajaran Kepesantrenan (Bagi Kelas VII-VIII SMP/MTs, Kelas X-XI SMA/MA).

Adapun Jadwal Pembelajaran Daring/Ujian Online akan disampaikan (dishare) oleh Admin/Kepala Sekolah di group Class Room yang selama ini sudah ada dan berjalan.

Diharapkan seluruh santriwati pro-aktif dalam mengikuti Pembelajaran Daring/Online.

(3) Untuk santriwati yang terkendala jaringan (low signal), akan diberikan kesempatan untuk penyesuaian ujian langsung (luring; offline) ketika akan masuk kampus/kembali ke Pesantren dalam masa satu pekan sejak pertama kali datang (sampai H+7 kedatangan di Kampus Pesantren).

(4) Jadwal masuk Kampus Pesantren untuk santriwati lama (Kelas VII naik kelas VIII-VIII naik Kelas IX SMP/MTs dan Kelas X naik kelas XI-XI naik Kelas XII SMA/MA) ditetapkan pada: Hari Rabu, Tanggal 15 JULI 2020 dengan ketentuan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Membawa Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) dari Dokter Rumah Sakit/Puskesmas atau dari Dokter Klinik yang memiliki kewenangan menerbitkan Surat Keterangan Berbadan Sehat.
  • Membawa Perlengkapan Sanitasi pribadi, seperti sabun dan hand sanityzer serta Alat Pelindung Diri (APD) pribadi seperti masker. (Dilarang keras sesama santriwati saling meminjamkan barang/perlengkapan sanitasi pribadi)
  • Dimohon kepada orangtua santriwati baik lama maupun baru, nantinya tetap menjaga jarak (physical distancing) saat mengantar masuk kembali ke Kampus dan maksimal yang dapat mengantar sebanyak 3 orang.
  • Dimohon membawa perlengkapan shalat pribadi, mukenah dan sajadah dengan bahan yang mudah dibersihkan dan dicuci.

(5) Jadwal masuk Kampus Pesantren untuk santriwati baru (masuk Kelas VII SMP/MTs dan Kelas X SMA/MA) ditetapkan pada: Hari Ahad, tanggal 19 JULI 2020 dengan ketentuan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Membawa semua kelengkapan berkas pendukung pendaftaran online, berupa:  fotokopi rapor 5 semester terakhir, surat keterangan hasil ujian (SKHU) jika belum terbit ijazah, fotokopi ijazah yang telah dilegalisir (jika sudah terbit), fotokopi akte kelahiran, fotokopi kartu keluarga (KK), pas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar, dan surat keterangan berbadan sehat.
  • Membayar biaya pendaftaran Rp.300.000,- dan menyelesaikan Kelengkapan Pembiayaan Masuk Pesantren, yaitu Uang Pembangunan (BP3), Biaya Perlengkapan, dan SPP 1 bulan pertama.
  • Membawa Perlengkapan Sanitasi pribadi, seperti sabun dan hand sanityzer serta Alat Pelindung Diri (APD) pribadi seperti masker.
  • Dimohon kepada orangtua santriwati baik lama maupun baru, nantinya tetap menjaga jarak (physical distancing) saat mengantar masuk kembali ke Kampus dan maksimal yang dapat mengantar sebanyak 3 orang.
  • Dimohon membawa perlengkapan shalat pribadi, mukenah dan sajadah dengan bahan yang mudah dibersihkan dan dicuci.

(6) Pihak Pesantren akan bersungguh-sungguh menjalankan protokol kesehatan sebagaimana dianjurkan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai ketentuan pengaturan hidup dan beraktifitas di 'New Normal', khususnya di lingkungan pendidikan/pesantren.

Beberapa hal yang akan diubah dan diadakan, yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan Penyemprotan Desinfektan di seluruh area kampus, H-2 atau H-1 kedatangan santriwati di Kampus/Pesantren (Kerjasama dengan PMI Kabupaten Pangkep).
  • Pengaturan jarak Bangku/Kursi kelas saat proses belajar mengajar berlangsung.
  • Pengaturan shaf dan jarak jamaah saat Shalat Berjamaah dan Pengajian berlangsung.
  • Pengaturan jarak duduk dan waktu makan di Dapur, Ruang Makan dan Kantin saat makan berjamaah.
  • Pengaturan jarak di Asrama saat berada di Asrama/Pondokan.
  • Penyediaan Tempat/Sarana Cuci Tangan dan Sabun di depan kelas, asrama, kantin, dan dapur.
  • Peniadaan jabat tangan (bersalaman) antara guru dan santriwati selama masa 'New Normal'.
  • Pengaturan jarak dan protokol kesehatan juga diberlakukan pada semua aktifitas dalam kampus, termasuk kegiatan olahraga, seni dan ekstra-kokurikuler santriwati lainnya.

(7) Pihak Pesantren Modern Putri IMMIM akan melakukan penyambutan terhadap anakda santriwati lama (Rabu, 15 JULI 2020) dan Santriwati baru (Ahad, 19 JULI 2020) bersama pengantarnya dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Pihak Pesantren akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 di Pangkep dan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai kewenangan dan kesiapannya.

(8) Segala ketentuan dan putusan rapat Pimpinan Pesantren ini akan dituangkan dalam bentuk Surat Edaran kepada semua orangtua santriwati (tertanda tangan Ketua Yayasan dan Direktur Pendidikan Pesantren) dan diedarkan di semua grup Orangtua Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Demikian diinformasikan hasil rapat Pimpinan Pesantren untuk diketahui, dimaklumi dan dijalankan bersama.

Mungkin keputusan ini akan terasa berat kedengarannya, tapi inilah pilihan serba sulit yang harus diambil, sebagai tuntutan baru di era New Normal selama masa Pandemi Covid-19 demi kesehatan dan kenyamanan kita semua.

Mari kita semua dengan sungguh-sungguh berdoa, agar wabah dan musibah ini segera berlalu dan kita semua tetap dalam perlindungan dan kasih sayang Allah SWT.

Semoga apa yang diputuskan ini membawa kebaikan dan kemaslahatan bagi kita semua.

Wassalamu 'Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Dikeluarkan Oleh:
Humas dan Penanggung Jawab TIK Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

Website: https://immimpangkep.ponpes.id
Email: immimpangkep@gmail.com

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT