Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep

Jl. H Fadeli Luran, Biraeng, Minasatene-Pangkep

Bersatu dalam Aqidah,Toleransi Masalah Furuiyah dan Khilafiyah

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar berkunjung ke Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

Sabtu, 05 Desember 2020 - Oleh Immim Pangkep - Dibaca 40 Kali

 

IMMIMPANGKEP - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar berkunjung ke Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM dipimpin langsung oleh Dekannya, Dr. Hasyim Haddade, M.Ag, Kamis (3/12/2020)

Rombongan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Adab dan Humaniora yang berjumlah 40 Dosen dan Staf Akademik ini berasal dari dua Program Studi (Prodi), yaitu Prodi Bahasa dan Sastra Arab dan Prodi Ilmu Perpustakaan, diterima secara resmi di Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, dengan tetap pemberlakuan protokol kesehatan.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, Dr. Hasyim Haddade, M.Ag dalam sambutannya mengungkapkan kebahagiaannya dalam mengunjungi Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep, apalagi di Fakultas yang dipimpinnya banyak Dosen dan Staf Akademik yang merupakan Alumni dari Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep.

Ponpes Putri IMMIM Pangkep terima kunjungan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

"Bahagia sekali mendengar bahwa Pondok Pesantren Putri IMMIM ini telah menelorkan banyak sarjana dan cendekiawan muslimah yang telah berkiprah dalam banyak bidang kehidupan sosial keagamaan."

"Mengunjungi Pesantren ini adalah hal yang telah lama kami rencanakan sebagai salah satu medan pengabdian kepada masyarakat, khususnya untuk pengembangan Bahasa dan Sastra Arab, serta Ilmu Perpustakaan."

"Kunjungan kami seperti ini adalah merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang secara rutin diagendakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora pada setiap akhir semester." ungkapnya.

"Kami juga sangat senang mendengar bahwa ditengah Pandemi Covid-19, Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep ini berani membuka sekolah, melaksanakan pembelajaran tatap muka, dan tetap bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan baik."

"Alhamdulillah mendapat pula penghargaan nasional dari Kementerian Kesehatan RI sebagai satu-satunya Pesantren di Sulawesi Selatan yang dinilai berhasil melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, turut serta berperan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Hal ini adalah prestasi yang tak terbantahkan dan layak mendapatkan apresiasi," tambahnya.

Rombongan UIN Alauddin Makassar mendapat sambutan hangat dan apresiasi positif dari Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam, didampingi Wakil Ketua Drs Syaharudin Sekretaris Drs HA Rasyid Usman, Kepala Sekolah SMP Drs H Muhammad Nur, Kepala Sekolah SMA Dra Hj Hasmah, Kepala Kepesantrenan Dra Nurhudayah, dan Para Pembina/Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM lainnya.

"Lebih dari sekadar sebagai tamu, kami keluarga besar Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep menganggap bahwa UIN Alauddin Makassar sebagai bagian dari keluarga. Banyak Alumni yang menjadi Dosen di UIN Alauddin Makassar, bahkan sebagian besar pembina/pengasuh pesantren ini berasal dari civitas akademi UIN Alauddin Makassar," ujarnya.

"Karena itu, kami menyambut baik kedatangan Tim Pengabdian Masyarakat UIN Alauddin ini dengan harapan dapat memupuk rasa persaudaraan lebih erat lagi untuk mewujudkan solidaritas, soliditas, dan sinergitas dalam rangka menghadapi berbagai tantangan dunia pendidikan di masa mendatang," tambah Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam dalam sambutan penerimaannya.

Acara sambut menyambut di Aula Besar Ponpes MOdern Putri IMMIM Pangkep ini berlangsung hangat dan meriah dengan dihadiri sekitar 100 santriwati perwakilan SMP/SMA. Kegiatan diselingi dengan penyerahan bantuan dari UIN Alauddin Makassar, dalam bentuk bantuan buku pelajaran Bahasa Arab, Masker, dan Desinfektan.

Di Akhir Acara, seluruh Staf Akademik Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar dijamu makan siang di Aula Mini Pesantren, dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur berjamaah dan kunjungan ke Laboratorium Bahasa Arab dan ke Perpustakaan "Fatimah Azzahra" dalam lingkungan Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Turut hadir dalam Rombongan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin tersebut adalah Dr. Andi Ibrahim, M.IP (Wakil Dekan 1 Bidang Akademik), Dr. Firdaus, M.Ag (Wakil Dekan 2 Bidang Administrasi dan Keuangan), H. Nur Akbar Rasyid,M.Pd, M.Ed, Ph.D, Muhammad Saleh,S.Ag, M.Pd.I (Ketua Jurusan Bahada dan Sastra Arab), Irvan Mulyadi,S.Ag,S.S,M.A (Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan), Dra. Marwati, M.Ag (Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Arab), dan Touku Umar,S.Hum.,M.Hum (Sekretaris Jurusan Ilmu Perpustakaan), dan Staf Akademik lainnya. (*)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT