Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep

Jl. H Fadeli Luran, Biraeng, Minasatene-Pangkep

Bersatu dalam Aqidah,Toleransi Masalah Furuiyah dan Khilafiyah

Ponpes Putri IMMIM Wisuda 40 Santrinya

Senin, 07 Mei 2018 - Oleh Immim Pangkep - Dibaca 319 Kali

Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene Pangkep kembali mewisuda santriwatinya, Sabtu, 5 Mei. Untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, wisuda santriwati ini sudah memasuki Angkatan 38 sejak didirikannya pada Tahun 1975.

Kepala Kepesantrenan, Dra Nurhudayah, mengungkapkan bahwa Pesantren Modern Putri IMMIM mengelola pendidikan SMP/Tsanawiyah dan SMA/Aliyah dibawah naungan Yayasan Dana Islamic Center Ikatan Mesjid Mushalla Indonesia Muttahidah (YASDIC IMMIM) Cabang Pangkep. "Untuk wisuda angkatan 38 ini, jumlah yang diwisuda adalah sebanyak 40 santriwati, 21 dari jurusan IPA dan 19 dari Jurusan IPS. Keseluruhan santri berhasil lulus Ujian Nasional dengan nilai yang baik dan memuaskan", ungkapnya. 

Wisuda berlangsung dengan khidmat, namun tetap semarak di Aula Besar Pesantren yang berada di bilangan jalan H. Fadeli Luran, Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasatene Pangkep dengan dihadiri 600-an orang dari santriwati, orangtua santri serta tamu undangan.

Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj. Sri Hajati Fachrul Islam mengungkapkan kebahagiaannya tahun ini Pesantren Putri IMMIM  kembali menelorkan alumninya dengan hasil dan nilai yang baik. "Saya ucapkan selamat dan sukses kepada anak-anakku yang hari ini diwisuda, juga selamat kepada orang tuanya. Kami sebagai pengelola, pengasuh, guru dan pembina di pesantren ini mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya telah mempercayakan pendidikan anak-anaknya kepada pesantren ini. Semoga segala pengajaran dan pendidikan yang didapatkan anak-anak kita selama menempuh sekolah 6 tahun dapat menjadi bekal yang baik bagi masa depannya, khususnya sebagai bekal agama dan akheratnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan, Dr Hj Amrah Kasim, MA mengungkapkan sisi kelebihan dan keutamaan proses pendidikan dan pembelajaran di pesantren. "Pendidikan yang berkualitas dan memiliki banyak nilai lebih itu adalah Pesantren. Berbicara tentang kemandirian, kreatifitas, kesabaran, keuletan, serta pergaulan yang terjaga, maka itu adalah sisi positif yang lahir dari pendidikan di pesantren. Banyak hal yang menjadi kelebihan pendidikan pesantren dibanding dengan sekolah umum, salah satu diantaranya adalah banyaknya tambahan pelajaran yang didapatkan santriwati, khususnya terkait pendidikan dan pengajaran keagamaan. Kesemua hal tersebut berdampak sangat baik bagi peningkatan kecerdasan intelektual anak-anak, pada saat yang sama juga mengasah dan mempertajam kecerdasan emosional dan spiritualnya", jelasnya.

Dari Pemkab Pangkep mewakili Bupati Pangkep H. Syamsuddin A Hamid, Asisten 2, Dra H Sofyan Hasan Sammana mengungkapkan kebahagiaannya berada dalam lingkungan pesantren putri IMMIM. "Luar Biasa. Saya pribadi salut, dan terkhusus Pemkab Pangkep mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya Pesantren ini tetap mampu mempertahankan mutu dan kualitas luarannya. Pemkab Pangkep mengapresiasi segala semangat dan kerja yang menumbuh-kembangkan pendidikan, tak terkecuali pendidikan keagamaan dan kepesantrenan. Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep telah melakukan dengan baik hal tersebut dan telah teruji pengalamannya mengelola pendidikan selama 43 tahun, sejak didirikannya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, prosesi wisuda berlangsung dalam susunan acara tiga bahasa, Bahasa Inggris, Arab dan Indonesia. Tradisi ini sekaligus menunjukkan kepiawaian santriwati berbahasa dalam Bahasa Arab dan Inggris, sebagaimana kebiasaan tersebut telah tercipta dalam bahasa keseharian dalam lingkungan pesantren. Sebagai hiburan, para tamu undangan dan orang tua santri juga disuguhkan penampilan tari empat etnis yang sangat apik serta pembacaan puisi yang mengundang decak kagum. (*)

Berita

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT