BLOGGURU – Berikut ini-Macam-macam QIRAAT:
A. Al Qira’at As-Sab’ ( القراءات السبع/ Qiraat Sab’ah) adalah qiraat yang diriwayatkan oleh 7 Imam Qiraat :
[1] Nafi’,
[2] Ibn Katsir,
[3] Abu ‘Amr,
[4] Ibn Amir,
[5] Ashim,
[6] Hamzah dan
[7] Al Kisa’i.
B. Al Qiraat al-Asyr ( القراءات العشر/ Qiraat ‘ Asyrah) adalah qiraat yang diriwayatkan oleh 7 imam qiraat ditambah 3 Imam Qiraat :
[8] Ya’qub
[9] Khalaf
[10] Yazid bin Qa’qa’ / Abu Ja’far.
C. Al Qiraat al-Arba’ ‘Asyr ( القراءات الاربع عشر / Qiraat Arba’ah ‘Asyr) adalah qiraat yang diriwayatkan oleh 10 imam qiraat ditambah 4 Imam Qiraat :
[11] Imam Hasan Basri
[12] Imam Ibn Muhaisin
[13] Imam Yahya
[14] as-Syanabudz. {5}
Imam Muhammad Abu al-Fadhil mengatakan:
“Qiraat tujuh adalah qiraat mutawatirah yang disepakati oleh jumhur.” {6}
Sedangkan Qiraat sepuluh , sebagian Ulama menyatakan bahwa Qiraat tiga Imam [Abu Ja’far, Ya’qub dan Khalaf] tidak sampai mutawatiroh. Akan tetapi menurut Jumhur ulama, Qiraat mereka mutawatiroh. Bahkan menurut Syeikh Abd al Fattah al-Qadhi yang menukil pendapat Ibnul Jazari di dalam kitab “Munjid al-muqriin” menyatakan ; {7}
Artinya:
“Hari ini qiraat mutawatiroh selain qiraat sepuluh tidak akan dapat ditemukan, namun apabila pada masa periode awal Islam tentu masih mungkin didapatkan.”
Adapun qiraat Empat belas ( القراءات الاربع عشر ) masih menurut Ibnul Jazari sebagai SYADZ. artinya qiraat empat Imam [ Hasan Basri, Ibnu Muhaisin, Yahya Al-Yazidi, dan as-Syanabudz] tidak dapat diakui sebagai bacaan Al Quran yang sah, sebab memiliki nilai sanad yang syadz.
______
{5} Ad Dimyathi, _ithaf fudala’ al Basyar,_ hal. 9.
{6} Az Zarkasyi, al-Burhan fi ulumil quran, hal. 318
{7} Ad Dimyathi, _ithaf fudala’ al Basyar,_ hal. 9.