Senin, 20 Mei 2024
  • Pondok Pesantren Putri IMMIM Pangkep, Pesantren yang khusus menerima santri putri ini, kampusnya berada di bilangan jalan poros Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep

Mengenal Kitab Taisirul Kholaq

Taisirul Akhloq

Taisirul Akhloq

Oleh: Muhammad Farid Wajdi *)

BLOGGURU – Apa yang dimaksud “Taisirul Kholaq”? Kitab Taisirul Khalaq yaitu kitab yang berisi tentang Akhlaq – akhlaq agama baik terhadap Allah maupun terhadap sesama manusia. Kitab ini sangat cocok untuk dijadikan pembelajaran bagi orang yang pemula dalam mempelajari tentang akhlaq. Objek pembahasan ilmu akhlaq ialah tingkah laku baik atau jeleknya. Adapun buah ilmu akhlaq ialah kebaikan hati dan semua anggota badan ketika di dunia dan keberhasilan mencapai derajat yang mulia di akhirat nanti

Siapa nama pengarang kitab Taisirul Kholaq? Kitab taisirul kholaq ditulis oleh Syaikh Hafidz Hasan Al Masudi yaitu seorang guru senior di Darul Ulum Mesir. Nama lengkapnya adalah Abu al-Hasan Ali ibn Husain ibn Ali,  lahir di Baghdad-Fustat, 285 H/ 896 M, wafat pada jumadil akhir 345 H/ 956 M.akhir  abad  ke-9  M. Beliau  seorang sejarawan dan ahli geografi, ahli geologi, akhlaq, dan ahli zoologi Muslim, juga mempelajari ilmu kalam (theologi), politik, dan ilmu bahasa, keturunan Sahabat Abdullah bin Mas’ud.

Syaikh Hafizh Hasan Al-Mas’udi menuturkan dalam kitabnya, “wa tsamratuhu shalahul qalbi wa sa`iril hawasi fid dunya wal fawzu bi `a’lal maratibi fil akhirat”, bahwa hasil pendidikan akhlak adalah baiknya hati dan seluruh anggota badan ketika di dunia dan keberhasilan mencapai derajat tinggi di akhirat.  Pernyataan Syaikh Hafizh Hasan Al-Mas’udi ini menegaskan bahwa siapa pun yang memiliki akhlaq mulia dipastikan yang bersangkutan memiliki komitmen dan hati yang bersih dan fisiknya juga akan lebih sehat. Artinya, terdapat relasi yang kuat antara hati atau jiwanya yang baik dengan kesehatan fisik. Pernyataan ini sesungguhnya telah menjadi pijakan sekaligus mengafirmasi atas berbagai hasil temuan psikologi dan riset medis.

Berikut ini Daftar isi dari Terjemah Kitab Taisirul Akhlaq:

1.TAQWA
2.ADAB GURU
3.ADAB MURID
4.HAK-HAK ORANG TUA
5.HAK SAUDARA
6.HAK TETANGGA
7.ADAB PERGAULAN
8.PERSAHABATAN (PERSATUAN)
9.PERSAUDARAAN
10.ADAB DI FORUM PERTEMUAN
11.ADAB MAKAN
12.ADAB MINUM
13.ADAB TIDUR
14.ADAB MESJID
15.KEBERSIHAN
16.JUJUR DAN DUSTA
17.AMANAH
18.MEMELIHARA DIRI
19.KHARISMA (MURU-AH)
20.HILM (BIJAKSANA, TIDAK CEPAT MARAH)
21.PEMURAH
22.TAWADDU` (MERENDAHKAN DIRI
23.BERJIWA BESAR
24.DENDAM
25.DENGKI/IRI HATI
26.GOSIP/MENGUMPAT
27.FITNAH (ADU DOMBA)
28.TAKABUR (SOMBONG)
29.GHURUR (TERTIPU)
30.ZHALIM (ANIAYA)
31.ADIL

Kitab Taisurul Akhloq menarik untuk dikaji dan diajarkan untuk siswa (i) Madrasah atau santri di Pondok Pesantren, karena di dalamnya berisi ajaran-ajaran etika/adab terhadap orang lain, juga sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas akhlak anak didik. (*).

Post Terkait

Lelah dalam Kebaikan
18 Nov 2023

Lelah dalam Kebaikan

0 Komentar

KELUAR