Minggu, 19 Mei 2024
  • Pondok Pesantren Putri IMMIM Pangkep, Pesantren yang khusus menerima santri putri ini, kampusnya berada di bilangan jalan poros Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep

Menjadi Ahlul Qur’an

Menjadi Ahlul Qur'an

Oleh: Muhammad Farid Wajdi *)

BLOGGURU – Al-Qur’an adalah firman Allah, kalamullah. Karena itu, siapa yang sering berinteraksi dan mengakrabi Al-Qur’an maka sejatinya dia sedang berinteraksi dan mencoba mengakrabi Allah subhanahu wata’ala. Imam Bukhori meriwayatkan di dalam At-Taariikhul Kabiir, bahwasanya Nabi Shollallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

من تعلم القرآن و هو فتي السن خلطه الله بلحمه ودمه

 

Artinya:

“Barang siapa yang mempelajari Al Qur’an di usia muda, maka Alloh akan menyatukan Al Qur’an dengan darah dan dagingnya” (At-Taariikhul Kabiir iii /94).

Dalam hadits lain disebutkan:

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. ‘ Beliau SAW ditanya, ‘Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau SAW menjawab, ‘Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Mari ikhwah sekalian, untuk selalu berinteraksi dan mengakrabkan diri dengan Al-Qur’an. Mari untuk selalu tadarrus dan tadabbur Al-Qur’an. Jangan lewatkan setiap detik dan menit berlalu tanpa mengingat dan membaca Ayat-ayat Al-Qur’an. Mari untuk selalu muraja’ah setiap hari ayat-ayat yang sudah dan sedang dihafalkan. Jika sudah cukup hafalannya dengan pemahaman dan praktek tajwid yang benar, silakan cari guru/ustadz untuk mengambil sanad bacaan/hafalan al-Qur’an.

Mari menjadikan diri bagian dari Generasi Qur’ani, yang selalu rindu berjumpa dengan Allah dan rasul-NYA lewat syafaat al-Qur’an. Barakallahu fiikum. (*)

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Guru Al-Qur’an-Hadits/Pengasuh Pontren Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep.

 

Artikel/tulisan terkait: 

Menjadi Hafidz Alquran Sejak Janin

Membaca Al-Qur’an dengan Tartil

Tata Cara Pengucapan Ikhfa Syafawi dan Iqlab

Titik I’rob, Titik Huruf, Harakat, dan Pembagian Djuz dalam Mushaf

Seputar Sanad Al-Qur’an: Jalur Sanad Dusuqi Di Mata Para Penelitian Sanad Al-Quran

Hafidz Qur’an Surah Al-A’raaf (7): 128-134

Hafidz Qur’an Surah Al-A’raaf (7): 148-152

Nikmatnya Menambah Hafalan Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Kultum Ramadhan: Mengkhatamkan Al-Qur’an dalam Shalat Tarwih

Immim pangkep

Tulisan Lainnya

Kumpulan Regulasi Pesantren
Oleh : Immim pangkep

Kumpulan Regulasi Pesantren

0 Komentar

KELUAR